Pedoman bagi penulis

  1. Artikel orisinil (belum pernah dipublikasikan) di media lain.
  2. Isi artikel berorientasi pada pengembangan pelayanan kesejahteraan sosial, baik berupa hasil penelitian maupun gagasan/ide konseptual atau aplikasi teori terkait bidang kesejahteraan sosial
  3. Pada halaman pertama setiap artikel (di bawah judul) dicantumkan nama penulis tanpa gelar, asal lembaga dan alamat lembaga penulis, serta email penulis
  4. Naskah ditulis dengan Microsoft Word pada kertas kuarto (ukuran A4), huruf Times New Roman font 12, spasi 1,5 khusus tabel spasi 1 tanpa garis vertikal, panjang naskah antara 15-20 halaman. Naskah diserahkan dalam bentuk print out 2 exemplar berserta soft copy. Penulis diharapkan menyertakan curriculum vitae singkat
  5. Abstrak ditulis dwi bahasa (Inggris dan Indonesia), maksimal 250 kata dalam Bahasa Indonesia dan 200 kata dalam Bahasa Inggris ditulis dengan huruf Times New Roman font 11, disusun dalam 1-2 paragraf dan kata kunci (keywods) sebanyak 3-5 kata dapat berupa kata tunggal atau kata majemuk ditulis miring (italic)
  6. Sistematika artikel
    1. Judul dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, huruf TNR font 14 dengan jarak baris satu spasi jumlah kata tidak lebih dari 12 hindari kata penghubung, penyebutan obyek, tempat atau bahan penelitian yang sangat terperinci.
    2. Abstrak ditulis dwi bahasa (Inggris dan Indonesia), maksimal 250 kata dalam Bahasa Indonesia dan 200 kata dalam bahasa Inggris ditulis dengan hurum Time New Roman (TNR) font 11, disusun dalam satu paragraph dan kata kunci (keyword) sebanyak 3-5 kata dapat berupa kata tunggal atau kata majemuk ditulis miring (Italic) diurutkan sesuai abjad dan dipisahkan oleh tanda koma ( , ).
    3. Pendahuluan hindari sub-sub di dalam pendahuluan, mencakup latar belakang masalah, permasalahan, dan tujuan penelitian dan manfaat, hipotesis bila ada,  persentase antara 10-15 % panjang keseluruhan. Rujukan ditunjukkan dengan menuliskan nama keluarga/nama belakang penulis dan tahun terbitan, tanpa nomor halaman.
    4. Metode Penelitian, berisi lokasi, jenis, macam/sifat/pendekatan penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data secara singkat.
    5. Hasil dan Pembahasan berisi penyajian data, analisis dan interpretasi dikaitkan dengan permasalahan dan tujuan penelitian. Landasan teori ditampilkan dalam kalimat lengkap, ringkas, serta benar-benar relevan dengan tujuan penulisan artikel ilmiah, serta ada pembahasan antara kajian teori dengan kajian empiris/temuan penelitian.
    6. Simpulan, berbentuk naratif berisi pemaparan singkat diungkapkan bukan dalam kalimat statistic, merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian, ditulis sepanjang satu paragraf dalam bentuk esai tidak dalam bentuk numerical. Jika ada saran atau rekomendasi dapat ditampilkan.
    7. Ucapan terimakasih setelah simpulan, disampaikan kepada lembaga pemberi dana, dan atau individu yang telah membantu dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan KTI.
    8. Penulisan Pustaka Acuan mengikuti format APA (American Psycological Association), rujukan yang dicantumkan hanyalah rujukan yang benar-benar dikutip, artikel hasil penelitian pustaka dirujuk dari 10-15 artikel jurnal ilmiah, artikel non penelitian merujuk 25 artikel ilmiah, kemutakhiran 10 tahun terakhir. Ketentuan penulisan rujukan;
      1. Sumber pustaka berupa artikel dalam jurnal ilmiah, ditulis mengikuti urutan: nama penulis. Tahun. Judul artikel. Nama jurnal. Volume(nomor): halaman (Nama jurnal diketik miring)

Contoh: Wiryawan, K.G., Luvianti, S., Hermana, W, & Suharti, S. 2007. Peningkatan performa ayam broiler dengan suplementasi daun salam (Syzygium polyantum) sebagai antibakteri Escherichia coli. J. Media Peternakan. 30(1): 5 5-62

  1. Sumber pustaka berupa buku teks, ditulis mengikuti urutan: nama penulis. Tahun. Judul buku. Volume (jika ada). edisi (jika ada). kota penerbit: nama penerbit (judul buku dicetak miring)

Contoh: Arikunto, S. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta

  1. Sumber pustaka berupa artikel dalam surat kabar/majalah umum, ditulis mengikuti urutan; nama penulis. Tahun. Judul artikel. Nama surat kabar/majalah. Kota, tanggal terbit dan halaman (Judul artikel dicetak miring).

Contoh: Syamsudin, A. 2008. Penemuan hukum ataukah perilaku chaos? Kompas. Jakarta. 4 Januari. Hlm. 16

  1. Sumber pustaka berupa artikel jurnal online, ditulis dengan urutan: nama penulis. Tahun. Judul artikel. Nama jurnal. Volume (nomor): halaman (Nama jurnal dicetak miring)

Contoh; Suparta, O., Sudradjat dan Sasmit, T. 2002. Pengaruh perlakuan kepadatan ulat sutera terhadap produksi dan mutu kokon di Tabing, Kabupaten Solok Sumatera Barat. Buletin Penelitian dan Kehutanan. 18(1): 70-81

  1. Sumber pustaka berupa artikel online (internet) tanpa tempat terbit dan penerbit, ditulis mengikuti urutan: nama penulis. Tahun. Judul artikel. Diunduh di alamat website tanggal (Judul dicetak miring)

Contoh: Rusdiyanto, E. 2001. Peranan tanaman dalam mengurangi Pb dari emisi gas buang kendaraan bermotor di Jakarta. Diunduh di http;//www.ut.ac.id/olsupp/FMIPA/LING 1112/ Peranan-tan-htm tanggal 2 Juli

  1. Sumber pustaka dari undang-undang

Contoh: Republik Indonesia, 2002. Undang-undang RI No. 23 Tahun 2002 Perlindungan Anak, Jakarta: Kementerian Sosial

  1. Redaksi berhak mengubah naskah tanpa mengurangi esensi materi dan mengatur urutan penerbitan naskah atas pertimbangan urgensi dan aktualisasi serta kesesuaian misi penerbitan.