Kinerja Tksk dalam Pelayanan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial

Sri Prastyowati, Tyas Eko Raharjo F
DOI: https://doi.org/10.31105/mipks.v40i3.2298
Abstract views: 43 | views : 15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi empirik kinerja TKSK yang ada di Kota Yogyakarta. Dipilihnya Kota Yogyakarta karena daerah ini memiliki jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial cukup banyak (20756 kasus) dengan 14 TKSK yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana ditentukan dalam Peraturan Menteri Sosial No.108/HUK/2009 tentang Sertifikasi bagi Pekerja Sosial Profesional dan Tenaga Kesejahteraan Sosial. Kemampuan dalam penanganan masalah sosial dimulai dari pendataan, assesment, pemberian bantuan berupa penyuluhan, rujukan, dan pendampingan yang  layak untuk dijadikan dasar penilaian kinerja TKSK. Responden penelitian adalah 14 orang TKSK yang berada di seluruh kecamatan, satu orang aparat dinas sosial dan 42 orang penerima layanan di 14 kecamatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan kondisi empirik TKSK beserta kemampuannya dalam penanganan PMKS.  Analisis data dilakukan secara kualitatif dalam bentuk narasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 14 TKSK di Kota Yogyakarta telah menunjukkan kinerjanya dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial yang ada. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pengakuan kinerja TKSK dalam penananganan masalah kesejahteraan sosial dengan memberikan imbalan jasa yang lebih memadai disesuaiakan dengan hasil kinerja yang telah dilakukan.

Keywords

tksk, pelayanan sosial, pmks.

Full Text:

PDF

References

Faustino C Gomes (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia. Andi Offset, Yogyakarta.

Babin, B.J & J S Bales (1998). Employee behavior in a service environment : A Model and test of potensial differences beetwen men and women, Journal of Marketing, Vol.62,77,91.

Bono, J E & T A Jodge (2003 ). Self Corcordance at work: Toward understanding the motivational effects of transformational leaders. Academy of Management Journal, Vol 46 No.5, P P 554-571.

Dwi Heru Sukoco ( 2005), Profesi Pekerjaan Sosial dan Proses Pertolongan, Badan Pelatihan dan Pengembangan Sosial, Departemen Sosial RI.

Departemen Sosial RI (2009). Pedoman Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Tahun 2009.No. 43 / XXIV/ I/ 2001

Edi Suharto, Phd. (2005), Analisis Kebijakan Publik, Panduan Praktis Mengkaji Masalah dan Kebijakan Sosial.Alfabeta, Bandung.

Lexy J. Moleong (2001), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Mubyarto (2001), Penanggulangan Kemiskinan di era Otonomi Daerah, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, UNISIA

Poerwodarminto (2001), Kamus Bahasa Indonesia - Inggris. Balai Pustaka. Jakarta.

Sondang, P Siagian (1989) Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta. PT. Indayu Press.

Undang-Undang No. 11 Tahun 2009, Tentang Kesejahteraan Sosial

Wahyono Soempeno (2005) Tahapan dalam pendampingan pelayanan Kube. Jakarta. Departemen Sosial RI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.