Keberhasilan Kube Mekasari dalam Meningkatan Kesejahteraan Keluarga

Irmawan Irmawan
DOI: https://doi.org/10.31105/mipks.v44i1.1954
Abstract views: 12 | views : 4

Abstract

Hasil penelitian Evaluasi KUBE tahun 2019 menunjukkan belum semua KUBE mempunyai predikat berhasil, ada sebagian menunjukkan relatif kurang berhasil. Oleh sebab itu, alasan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengelolaan KUBE agar dikatakan berhasil yaitu mampu memberi kesejahteraan bagi anggotanya sebagaimana KUBE Mekarsari. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana keberhasilan peran KUBE Mekarsari dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Tujuannya untuk mengetahui keberhasilan peran KUBE Mekarsari dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan manfaat yang diperoleh adalah diketahui keberhasilan peran KUBE Mekarsari dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif, lokasi di Kota Bontang Kalimantan Timur. Informan dipilih secara purposive yaitu pengurus KUBE Mekarsari dan aparat Dinas Sosial Kota Bontang dengan teknik bola salju, pengumpulan data dengan panduan wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian  menunjukkan, bahwa KUBE Mekarsari berhasil meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui peran perempuan dalam mengelola pupuk organik dari bahan sampah organik. Kesimpulan KUBE Mekarsari menjadi salah satu KUBE yang berhasil karena mampu mengelola kelompok dengan memberdayakan kaum perempuan dalam mengolah sampah menjadi pupuk organik, sehingga memiliki penghasilan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Rekomendasi kepada Kementerian Sosial cq Direktorat Pengentasan Fakir Miskin seyogyanya ada pendampingan dengan sungguh-sungguh atau intensif terhadap KUBE yang dinilai kurang atau tidak berkembang dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya. 

Keywords

keberhasilan; kube; kesejahteraan keluarga

Full Text:

PDF

References

Amirin, Tatang M. (2000). Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aris Wijanarko dan Ihwan Susila (2016). Faktor Kunci Kederhasilan UMKM Kreatif.

Badan Pusat Statistik Tahun 2018.

Bogdan dan Taylor (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya

Edi Suharto, (2010). Kajian Strategis Pembangunan Keseahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung. PT Refina Aditama

Manasse Malo, dkk, (1985). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Karunika Universitas Terbuka

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Sevilla, Consuelo, G. (1993). Pengantar Metode Penelitian. Diterjemahkan oleh Alimuddin Tuwu. Jakarta: universitas Indonesia Press.

Soebadio, Haryati, (1991). Kesetiakawanan Sosial sebagai Modal Dasar Pembangunan. Kertas kerja. Jakarta.

Suryana, (2017). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Bandung: Salemba Empat.

Rahmini Suci Yuli (2017). Pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan.

Kemensos Siap Bantu Memasarkan Produk KUBE ...https://kilaskementerian. kompas.com/kemensos/.../kemensos-siap-bantu- memasarkan-produk-kube. Data diunduh tgl. 8-2-2020.

Kemensos Gandeng Para Peneliti dan Kampus Evaluasi Program ...https://www. liputan6.com/.../kemensos-gandeng-para-peneliti-dan-kampus- evaluasi-program-kube. Data diunduh tgl. 1-4-2020.

Permensos No. 2 Tahun 2019, Bantuan Sosial UEP Kepada KUBE ... https://www. jogloabang.com/.../permensos-2-2019-bantuan-sosial-uep-kepada-kube-penanga nan-fakir-miskin. Data diunduh tgl.10-2-2020.

Sinergikan Pengembangan Program KUBE, Sebanyak 201 ...https://www. babelprov. go.id/.../sinergikan-pengembangan-program-kube- sebanyak-201-pendamping-kube-se-indonesia-dikumpulkan. Data diunduh tgl. 1-4-2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.