Pentingnya Peran Kelekatan Teman Sebaya Dalam Konsep Diri dan Kecerdasan Emosi Remaja di Panti Asuhan di Kota Banda Aceh

Putri Diah Qashdina, Alfiasari Alfiasari

Abstract

Keberadaan anak-anak terlantar termasuk yang tinggal di panti asuhan banyak disebabkan oleh berbagai permasalahan sosial yang terjadi pada kehidupan masyarakat seperti kemiskinan, kehilangan orang tua akibat kematian, dan ketiadaan keberadaan orang tua yang disebabkan konflik serta bencana alam. Kehidupan yang baru dengan lingkungan sosial yang berbeda akan dialami oleh remaja yang tinggal di panti asuhan. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk menemukan pengaruh karakteristik remaja, karakteristik keluarga, karakteristik kelompok teman sebaya, dan kelekatan teman sebaya terhadap konsep diri dan kecerdasan emosi remaja di panti asuhan. Penelitian dilakukan di dua panti asuhan di Kota Banda Aceh dengan penarikan contoh secara purposif, yaitu remaja di panti asuhan terpilih dengan usia 12-18 tahun. Perolehan data dilakukan dengan metode wawancara menggunakan kuesioner terstruktur kepada 63 remaja. Sesuai dengan hipotesa penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa kelekatan teman sebaya memiliki hubungan positif signifikan dengan konsep diri dan kecerdasan emosi sedangkan konsep diri berhubungan positif sangat signifikan dengan kecerdasan emosi remaja di panti asuhan. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif sangat signifikan kelekatan teman sebaya terhadap konsep diri maupun terhadap kecerdasan emosi. Uji regresi menemukan bahwa tidak terdapat pengaruh yang lebih nyata pada variabel konsep diri terhadap kecerdasan emosi remaja di panti asuhan.

Keywords

kecerdasan emosi; kelekatan teman sebaya; konsep diri; panti asuhan; remaja;

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.