EVALUASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENGATASI PERMASALAHAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Siti Hidayatul Jumaah

Abstract


Abstrak

Lombok Timur merupakan daerah dengan jumlah pengiriman TKI terbesar. Adapun faktor utama yang mendorong tingginya jumlah TKI adalah faktor ekonomi, yaitu keinginan untuk memperoleh penghasilan yang lebih. Banyaknya devisa yang diterima oleh negara maupun daerah asal menjadi salah satu dampak positif dari pengiriman TKI. Selain itu, dengan bekerja di luar negeri, para TKI juga mampu memecahkan berbagai permasalahan ekonomi keluarga. Namun, pengiriman TKI nyatanya juga memiliki dampak negatif, baik bagi individu TKI itu sendiri maupun bagi keluarga yang ditinggalkan. Dampak negatif bagi individu TKI terlihat dari banyaknya masalah yang menimpa TKI mulai dari pra, selama, sampai pasca penempatan. Dalam rangka mengatasi masalah tersebut, pemerintah daerah telah melakukan sebuah upaya melalui terbitnya Perda No. 12/2006 yang mengatur tentang penempatan dan perlindungan TKI asal Lombok Timur.

Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan TKI di Lombok Timur. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan belum efektif dan efisien untuk mengatasi masalah TKI di Lombok Timur. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kualitas maupun kuantitas para pelaksana kebijakan, sehingga tingginya alokasi anggaran tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menjalankan kebijakan. Selain itu, tidak adanya kerjasama dan kolaborasi antar instansi terkait juga menjadi faktor penting yang mempengaruhi rendahnya keberhasilan kebijakan. Berangkat dari masalah tersebut, tulisan ini diharapkan mampu memberikan masukan terutama bagi pemerintah daerah untuk dapat meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan, sehingga dapat tercapai perlindungan yang maksimal sebagai respon terhadap tingginya penempatan dan permsalahan TKI di Lombok Timur.

 

Kata Kunci: Evaluasi kebijakan; penanganan masalah TKI; perlindungan; dampak.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31105/jpks.v17i3.1461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times