IDENTIFIKASI DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN PESISIR

Main Article Content

Muslim Sabarisman

Abstract

Melihat luas wilayah lautan di Indonesia yang sangat besar, tak dapat dipungkiri di tengah potensi besar lautan justru kemiskinan banyak terdapat di wilayah pesisir, khususnya masih banyak kemiskinan melanda kehidupan nelayan. Masalah kemiskinan nelayan merupakan masalah yang bersifat multidimensi sehingga untuk menyelesaikannya diperlukan solusi yang menyeluruh dan terintegrasi, serta bukan solusi secara parsial. Terkait dengan masalah kemiskinan masyarakat pesisir merupakan salah satu wilayah yang dikategorikan sebagai wilayah yang perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak. Untuk itu, masyarakat pesisir memerlukan suatu usaha yang sistematis dan terorganisir untuk mempengaruhi dan mendesakkan terjadinya perubahan melalui pemberdayaan bagi masyarakat pesisir. Dari permasalahan kemiskinan masyarakat pesisir tersebut, kiranya perlu melakukan kajian untuk mengidentifikasi permasalahan kemiskinan dan solusi pemberdayaan bagi masyarakat pesisir. Tulisan ini dilakukan dengan studi literatur kajian pustaka yang diperoleh dari berbagai sumber rujukan seperti buku, jurnal, laporan penelitian, skripsi, tesis, dan disertasi yang sesuai dengan topik yang diangkat. Kemudian data sekunder yang diperoleh disajikan dalam bentuk pemaparan secara deskriptif dengan cara mengikhtisarkan beberapa rujukan yang berkaitan dengan topik, Tujuan tulisan ini adalah guna memberikan solusi untuk meningkatkan kesejahteraan baik secara sosial maupun ekonomi bagi masyarakat pesisir melalui pemberdayaan. Adapun program pemberdayaan yang diberikan tentunya harus melalui pendekatan pemberdayaan sesuai dengan karakteristik kehidupan sosial nelayan yang unik, dengan memperhatikan prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakat pesisir. Pendekatan ini dilaksanakan dengan memperhatikan secara sungguh-sungguh aspirasi, keinginan, kebutuhan, pendapatan, dan potensi sumberdaya yang dimiliki masyarakat pesisir. Kata Kunci : kemiskinan, pendekatan pemberdayaan, prinsip pemberdayaan, masyarakat pesisir

Article Details

How to Cite
Sabarisman, M. (2017). IDENTIFIKASI DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN PESISIR. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 3(3). https://doi.org/10.33007/inf.v3i3.707
Section
Articles
Author Biography

Muslim Sabarisman, Puslitbang Kesos Kementerian Sosial

Peneliti Muda pada Puslitbangkesos Kementerian Sosial RI

References

Adi, Rukminto, Isbandi. (2001). Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas (Pengantar pada Pemikiran dan Pendekatan Praktis), Jakarta : Lembaga Penerbit FE-UI.

Afrizal Woyla Saputra Zaini, (2011). Pemberdayaan Nelayan Pancing Tradisional. https://afrizalwszaini.wordpress.com/2011/02/06/pnpt/, Di unggah tanggal 12 Desember 2016.

Ambar Teguh Sulistyani, (2004), Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Bangen, D.G. (2001). â€Ekosistem dan Sumber daya Pesisir dan Laut Serta Pengelolaan Secara Terpadu dan Berkelanjutanâ€(Prosiding Pelatihan Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu, Bogor 29 Oktober – 3 November 2001. Pusat Kajian Sumber daya Pesisir dan Lautan IPB).

Faturochman, et.al. (2007). Membangun Gerakan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Masyarakat, Yogyakarta, Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan, Universitas Gadjah Mada.

Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt, 1993. Sociology, edisi ke delapan. Michigan McGraw-Hill.Sosiologi. Terjemahan Aminuddin Ram dan Tita Sobari. Jakarta: Penerbit PT. Erlangga.

Ife, Jim. (1995). Community Development : Creating Community Alternatives-Vision, Analysis and Practice, Australia, Lobgman Pty Ltd.

Kusnadi (2006). Filosofi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Bandung: Humaniora Utama Press.

Lewaherilla, Niki Elistus. (2002). Pariwisata Bahari; Pemanfaatan Potensi Wilayah Pesisir dan Lautan. Makalah Falsafah Sains (PPs 702) Program PascaSarjana / S3Institut Pertanian Bogor.

Mubarak, Zaki. 2010. Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Ditinjau Dari Proses Pengembangan Kapasitas Pada Kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan Di Desa Sastrodirjan Kabupaten Pekalongan. Tesis Program Pascasarjana Magister Teknik Pembangunan Wilayah Dan Kota Universitas Diponegoro, Semarang.

Mubyarto, et. al., (1984) Nelayan dan Kemiskinan: Studi Ekonomi Antropology di Dua Desa Pantai. Jakarta, Rajawali.

Mujiyadi, Agus B.P, Setyo Sumarno, Muslim Sabarisman, (2007). Implementasi Program Pemberdayaan Fakir Miskin (Studi Evaluasi di Delapan Daerah di Indonesia). Jakarta : P3KS Press.

Nikijuluw Victor P.H. (2001). Populasi dan Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir serta Strategi Pemberdayaan Mereka Dalam Konteks Pengelolaan Sumberdaya Peisisir Secara Terpadu. Bogor: IPB Bogor.

Panayatou, T. (1992). Management Concepts for Small-scale Fisheries: Economic and Social Aspects. FAO Fish. Tech. Paper, 228: 53 p.

Raharjdo, (1999). Pengantar Sosiologi Pedesaan dan Pertanian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rizki Aprilian Wijaya, (2012). Materi kuliah PENELITIAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PESISIR “Sebuah Pengantar Diskusi Persiapan Ekspedisi Zooxanthellae XII Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Tahun 2012†oleh / FDC.XXIII.11 Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan (BBPSEKP), Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang-KP). https://fdcipb.wordpress.com/2012/06/02/masyarakat_pesisir/, di unggah tanggal 12 Februari 2017.

Satria, Arif. (2001). Dinamika Modernisasi Perikanan Formasi Sosial dan Mobilitas Nelayan. Jakarta (ID) : Humaniora Utama Press (UHP).

Satria, Arif, (2002)Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir, Jakarta: Pustaka Cidesindo.

Soerjono, Soekanto. 2006. “Sosiologi Suatu Pengantarâ€. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suharto, Edi. (2009). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial, Cetakan 3. Bandung : PT Rafika Aditama.

Surachman, (2015). “Membangun Desa Pesisir dan Pulau - Pulau Kecil Melalui Pendekatan Dinamika Sistem dan Teori Permainan: Upaya Membangun Indonesia Bagian Timur Sebagai Poros Maritim Duniaâ€. http://ep.its.ac.id/membangun-desa-pesisir-dan-pulau-pulau-kecil-melalui-pendekatan-dinamika-sistem-dan-teori-permainan-upaya-membangun-indonesia-bagian-timur-sebagai-poros-maritim-dunia/ . di unggah 13 Februari 2017.

Tuwo, Ambo. (2011). Pengelolaan Ekowisata Pesisir dan Laut - Suatu Pendekatan Ekologi, Sosial-Ekonomi, Kelembangaan, dan Sarana Wilayah. Brilian Internasional. Surabaya.

Wahyudin Y. (2003). Sistem Sosial Ekonomi dan Budaya Masyarakat Pesisir. Disampaikan pada Pelatihan Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan, tanggal 5 Desember 2003, di Kampus Pusat Diklat Kehutanan. see : http://komitmenku.wordpress.com/2008/06/06/sistem-sosial-ekonomi-dan-budaya-masyarakat-pesisir/ di unggah tanggal13 Februari 2017.

Wignyosoebroto, Soetandyo. (2009). Dakwah Pemberdayaan Masyarakat: Paradigma Aksi Metodelogi. Cet. 2. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2009.