PENDEKATAN SISTEMIK MENANGANI PENYIMPANGAN PERILAKU ANAK

Main Article Content

Hari Harjanto Setiawan

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh anak merupakan hasil interaksinya dengan lingkungan. Peran lingkungan besar pengaruhnya terhadap munculnya permasalahan perilaku tindak kriminal. Disamping itu perilaku seseorang dengan semua aspeknya merupakan proses belajar. Permasalahan yang kompleks dari anak membutuhkan pendekatan sistemik dalam penangananya sehingga anak, keluarga, teman sebaya, masyarakat dan aksesibilitas yang dianggap sebagai kelompok yang mempengaruhi juga harus mendapat perhatian. Melalui studi pustaka, tulisan ini akan mengungkap tentang penyimpangan perilaku anak dan pendekatan sistemik dalam menanganinya. Pada pendekatan sistemik ini akan mengungkapkan sistem yang berpengaruh terhadap anak antara lain sistem keluarga, sistem pertemanan, sistem kemasyarakatan dan sistem aksesibilitas. Tujuan tulisan ini akan memuat tentang bentuk penyimpangan perilaku pada anak, teori yang mendasari pendekatan sistemik, sistem yang terkait dengan penyimpangan perilaku anak dan model sistemik dalam penanganan penyimpangan perilaku anak. Akhir dari pendekatan sistemik ini diharapkan anak akan dapat berfungsi kembali sesuai dengan tugas perkembangnnya yang sesuai dengan norma yang berlaku. Permasalahan anak berperilaku menyimpang bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tetapi menjadi tanggungjawab semua pihak.

Article Details

How to Cite
Setiawan, H. H. (2016). PENDEKATAN SISTEMIK MENANGANI PENYIMPANGAN PERILAKU ANAK. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 2(1). https://doi.org/10.33007/inf.v2i1.132
Section
Articles
Author Biography

Hari Harjanto Setiawan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial

Kementerian Sosial, Peneliti Muda

References

Adi, I. R. (2013). Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat : Sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Al-Krenawi, A., & Graham, J. R. (2009). Helping Professional Practice with Indigenous People. Lanham. Boulder. New York. Toronto. Plymouth, UK: University Press of America, Inc.

Anleu, S. L. (2006). Deviance, Conformity & Control (Fourth ed.). Australia: Pearson Education Australia.

Bowes, J. M., & Hayes, A. (1999). Children, Families, and Communities Contexts and Consequences (First ed.). UK: OXFORD University Press.

Cipriani, D. (2009). Children's Rights and the minimum age of Criminal Responsibility a Global Perspektive. Ashgate Publishing Limited.

Clinard, M. B., & Meier, R. F. (2001). Sociology og Deviant Behavior (Fourteenth Edition ed.). USA: Wadsworth Cengage Learning.

Coady, N., & Lehmann, P. (2008). Theoritical Perspectives For Direct Social Work Practice A Generalist-Eclectic Approach (Second ed.). New York: Springer Publishing Company, LLC.

Cohen, G. J. (2001). Prevention of Firearm Fatalis and Injuries, Public Health Approach. Dalam M. Shaffi, & S. L. Saffi, School Violence; Assesment, Management, Prevention (hal. 222). Washington, London, England: American Psychiatric Publishing. Inc.

Collins, D., Jordan, C., & Coleman, H. (2010). An Introduction to Family Social Work (Third ed.). USA: Brooks/Cole Cengage Learning.

Cooper, J., & Vetere, A. (2005). Domestic Violence And Family Savety; a sistemic approach to working with violence in Families. London and Philadelphia: Whuur Publisher.

Covell, K., & Howe, R. B. (2009). Children, Famillies and Violence. London: Jesica Kingsley Publishers.

Depsos. (2001). Intervensi psikososial. Jakarta: Departemen Sosial.

Dill, K. E., & Dill, J. C. (1998). Video Game Violence: A Review Of The Empirical Literature. Agrresssion and Violence Behaviopr, 407-428.

Espelage, D. L., & Swearer, S. M. (2004). Bullying In American Schools: ASocial-Ecological Perspective On Prevention And Intervention. London: Lawrence Erlbaum Associated.

Gibbs, J. C., Potter, G. B., & Liau, A. Q. (1996). Developing The Helping Skill and Prosicial of Motivation af Aggresive Adolecents in Peer Groups Programs. Elsevier Science. Ltd, 01(Aggression and violent Behavior), 238-305.

Grandeau, C. F., & Cillesseu, A. H. (2006). From Indirect Aggression to Invisible Aggression : A Conceptual Vieau On Bullying and Peer Group Manipulation. Elsevier Science. Ltd, 11(Aggression and Violent), 612-625.

Gunarsa, S. D., & Gunarsa, N. Y. (1993). Psikologi Praktis : Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Hadis, F. A. (1993). Gagasan Orang Tua dan Perkembangan Anak . Depok: FPSI-UI.

Hearn, J. L. (2010). Family Preservation In Families Ecological System : Factor That Predict Out-of-home Placement and Maltreatment For Service Recipient in Richmont City. Proquest LLC, 194.

Hook, M. P. (2008). Social Work Practice With Families, Aresiliency- bades approach. Chicago: Lyceum Books INC.

Ife, J. (1995). Community Development, Creating Community Alternatives-vision, Analysis and Practice. Australia: Longman.

Kementerian PP & PA. (2011). Profil Anak Indonesia 2011. Jakarta: Kerjasama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Badan Pusat Statistik.

Marguire, L. (2008). Pekerjaan Sosial Klinis (terjemahan). Jakarta: Pustaka Societa.

Maschi, T., Bradley, C., & Ward, K. (2009). Forensic Social Work; Diverse Practice Setting. New York: Springler Publishing Company.

Miller-Perrin, c. L., & Perrin, R. D. (2007). Child Maltreatment An Introduction (Second Edition ed.). USA: Sage Publication, Inc.

o'loughlin, M., & o'louhglin, S. (2008). Transforming Social Work Practice, Social Work With Children and Families (second ed.). Learning Matters. Ltd.

Payne, M. (2002). The Politics Of Systems Theory Within Social Work. Journal Of Social Work, 262-292.

Payne, M. (2005). Modern Social Work Theory (Third ed.). New York: Palgrave Macmillan.

Robbins, S. P., Chatteriee, P., & Canda, E. R. (2006). Contemporary Human Behavior Theory A Critical Perspective for Social Work (Second ed.). USA: Pearson Education, Inc.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santrock, J. W. (2009). Child Development (Twelfth Edition ed.). New York: Mc Graw Hill.

Sattler, J. M. (1992). Assesment of Children. San Diego: Jerome M Sattler. Inc.

Smith, P. K., & Hart, C. H. (2002). Black Well Hand Book Of Childhood Social Development. Black Well Publisher.

Soekanto, S. (1990). SOSIOLOGI Suatu Pengantar (Edisi Baru Keempat ed.). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Soekanto, S. (1993). Sosiologi Suatu Pengantar (Keempat ed.). Jakarta: Rajawali Pers, PT. RajaGrafindo Persada.

Stepney, P., & Ford, D. (2008). Berbagai Model, Metode Dan Teori Pekerjaan Sosial, Suatu Kerangka untuk Praktek . Jakarta: Doea Lentera.

Sutarso. (2005). Praktek Pekerjaan Sosial dalam Pembangunan Masyarakat. (C. Jusuf, Penyunt.) Jakarta: Balatbangsos Depsos RI.

Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology Active Learning Edition (Edisi Kesepuluh ed.). (H. P. Soetjipto, & S. M. Soetjipto, Penerj.) Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Zastrow, C. (1996). Introduction To Social Work and Social Welfare (Sixth ed.). California: An International Thomson Publishing Company.

Zastrow, C., & Ashman, K. K. (2007). Understanding Human Behavior and Social Environment (7th ed.). USA: Thomson Brooks/cole.