EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI PERBATASAN (Studi Kasus Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat)

Sabinus Beni, Blasius Manggu

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia bagian Sarawak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pelaksanaan Program Keluarga Harapan dalam penanggulangan Kemiskinan di daerah perbatasan. Metode penelitian merupakan metode kuantitatif yang menggunakan desain non eksperimental. Permasalahan pokok penelitian adalah tingkat putus sekolah dan partisipasi pemeriksaan kesehatan oleh masyarakat Pra Sejahtera karena ketiadaan biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program keluarga harapan sangat efektif dalam mengentaskan kemiskinan di daerah perbatasan yang terlihat dari menurunnya angka putus sekolah, tingginya partisipasi mengunjungi fasilitas kesehatan baik untuk kegiatan posyandu maupun pemeriksaan kesehatan serta kemampuan memenuhi kebutuhan pokok yang bersumber dari penyisihan dana bantuan bantuan yang diterima. Walaupun, dari total penduduk miskin di Kecamatan Jagoi Babang berjumlah 882 Kepala Keluarga, sementara Keluarga Penerima Manfaat di Kecamatan Jagoi Babang per tahun 2018 sebanyak 357 orang, artinya masih ada 527 keluarga miskin yang belum mendapatkan bantuan. Sebagai saran kepada pemerintah, sebaiknya dilakukan pembaharuan data secara terus menerus
dalam Basis Data Terpadu dari data yang digunakan tahun 2015 serta adanya program pemberdayaan bagi masyarakat perbatasan dengan mendirikan Sekolah Lapangan yang dapat meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill dalam ilmu Kewirausahaan agar masyarakat tidak selalu berorientasi untuk bekerja di Malaysia.
Kata Kunci: perbatasan, pemberdayaan, kemiskinan


Full Text:

PDF

References


Ekardo, A, Firdaus & Elfemi, N. (2014). Program Keluarga Harapan atau Program Penanggulangan Kemiskinan. Mamangan Vol.3 No.1, Januari-Juni 2014. Padang: Program Studi Pendidikan Sosiologi, STKIP PGRI Padang.

Widianto, S. (2014). Sukses Menekan Kemiskinan, Belasan NegaraPelajarai Program Keluarga Harapan Indonesia. dalam artikel yang dipublikasikan pada harian Pikiran Rakyat tanggal 14 November 2014 Pukul 15.53 WIB.

Suleman, SA., & Resnawaty, R. (2017). Program Keluaarga Harapan (PKH): Antara Perlindungan Sosial dan Pengentasan Kemiskinan. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4 No. 1. Tahun 2017. Bandung: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran.

Beni, S., & Manggu, B. (2018). Program Keluarga Harapan Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha. Jurkami Vol. 3 No.2 Tahun 2018. Sintang: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persada Khatulistiwa.

Beni, S. (2017). Pembangunan Manusia Melalui Pendidikan Dasar Credit Union. Jakarta: Mer-C Publishing.

Sadewo, Y. D. (2018). Hambatan dan Tantangan Program Studi Kewirausahaan di Wilayah Perbatasan. MABIS, Vol. 8 No.1 Tahun 2018. Pontianak: STIE Widya Darma.

BPS. (2019). Bengkayang Dalam Angka Tahun 2019. Bengkayang: BPS Kabupaten Bengkayang.

BPS. (2018). Kecamatan Jagoi Babang Dalam Angka 2018. Bengkayang: BPS Kabupaten Bengkayang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times