DINAMIKA PSIKOLOGIS PEMANFAATAN DATA TERPADU DALAM PENANGANAN KEMISKINAN DI DELI SERDANG

Togiaratua Nainggolan

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan dinamika psikologis pemanfaatan data terpadu untuk penanganan kemiskinan di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang-Provinsi Sumatera Utara. Untuk itu, penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif.  Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan Focuss Group Discussion (FGD) terhadap informan dari pengelola data terpadu dan Organisasi Perangkat Daerah pengelola program penanganan kemiskinan di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang, untuk selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan dinamika psikologis pemanfaatan data terpadu diawali dengan respon atas penugasan pengelolaan data terpadu oleh pemerintah pusat dalam bentuk respon kognitif, respon afektif, dan respon konatif. Tiga respon ini berlangsung saling mempengaruhi, namun secara kognitif belum sejalan  untuk saling menguatkan persepsi atau citra positif. Secara afektif belum meyakinkan, hingga secara konatif membatasi pemanfaatan atas data terpadu.


Full Text:

PDF

References


Anwar, D. (2005) Kamus Lengkap Bahasa Indonesia : Dilengkapi dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Surabaya : Amelia.

Arimbawa, P.A. P., Surachman dan Hussein, A. S. (2017). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Pemain Terhadap Niat Menggunakan Mobile Gammenggunakan Technology Acceptance Model, Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume VII, No. 3, Okt 2017, 348 – 362

Ditjen PFM-Kementerian Sosial. (2018). Rekapitulasi MoU Data Terpadu PPFM. Jakarta: Ditjen PFM-Kementerian Sosial RI

Jayanti TS, Djamaludin MD, Latifah M. (2011). Persepsi, Pengetahuan, Dan Perilaku Remaja Dalam Pembelian Compact Disk Bajakan. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 4(2) : 190-198.

Kotler P & Amstrong G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Ed ke-12. Sabran B, penerjemah. Jakarta (ID): Erlangga. Terjemahan dari Principles of Marketing Twelfth Edittion.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan), https://kbbi.web.id/dinamika (diakses 4 Desember 2018)

Mowen, J.C. dan Minor, M. (1998). Consumer Behavior. Ed ke-5. New Jersey: Prentice Hall.

Pengertian Dinamika Menurut Para Ahli, http://www.definisimenurutparaahli. com/ pengertian-dinamika-menurut-para-ahli/ (diakses tgl 4 Desember 2018)

Radiansyah, M. (2016). Analisis Persepsi Masyarakat Muslim Terhadap Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai di Kota Medan (tesis). Medan : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sitepu, A, dkk. (2018). Pemanfaatan Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin (Executive Summary). Jakarta : Puslitbang Kessos-Kementerian Sosial RI.

Susanti, A,. Saedudin, Rd. R,. Witarsyah, D. (2014). Government Kabupaten Klaten Menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) Dengan Metode Structural Equation Modeling (SEM): Bandung : Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom

TNP2K. (2018). Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin. http: //www. tnp2k.go.id/id/data-indikator/data-terpadu-program-penanganan-fakir-miskin/tentang-data-terpadu-program-penanganan -fakir-miskin-(diakses 25 Januari 2018).

Walgito, B. (2003). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times